Inilah Jawaban Yang Tepat Saat Di Tanya Kapan Menikah Menurut Psikolog

Inilah Jawaban Yang Tepat Saat Di Tanya Kapan Menikah  Menurut Psikolog

Pertanyaan klasik "Kapan menikah?" seringkali membuat banyak lajang merasa enggan untuk menghadiri acara kumpul keluarga besar. Namun, anggota Ikatan Ahli Psikologi Indonesia, Meriyati, memiliki strategi unik bagi mereka yang baru saja pulang ke kampung halaman setelah masa libur Lebaran dan harus menghadapi pertanyaan tersebut dari kerabat.

"Berikan senyuman ramah dan jawab dengan nada yang tenang, misalnya dengan mengatakan 'Belum dikasih oleh Tuhan' atau 'Belum ketemu Tante/Om. Ada calon enggak? Boleh saya dikenalkan?'" ujarnya pada Rabu, 17 April 2024.

Menurutnya, jawaban seperti itu tidak hanya menghindari kesan defensif dan menutup diri, tetapi juga menunjukkan keterbukaan jika memang ada orang yang cocok tetapi belum ditemukan saat ini.

"Jika ada sanak saudara yang memiliki kenalan yang juga sedang mencari pasangan, mungkin bisa dikenalkan," tambah Meriyati.

Namun, jika seseorang merasa tidak nyaman dengan pertanyaan tersebut, Meriyati menyarankan untuk menjawab dengan singkat tanpa perlu memberi penjelasan panjang atau membuka pembicaraan lebih lanjut.

"Berikan senyuman terbaik, lalu alihkan pembicaraan ke topik lain atau pergi menjalankan tugas lain," tambahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel